Selamat Datang di Website DPRD Kabupaten Bulungan. +++ Sampaikan aspirasi Anda, kritik dan saran dengan mengisi buku tamu kami, terima kasih.
 
 
 
 

Kebijakan Tarakan Diadopsi Bulungan

Tanjung Selor, Permasalahan transportasi laut dan pendidikan memang menjadi hal yang krusial untuk dilakukan evaluasi. Kondisi begitu  Bulungan banyak mengadopsi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Tarakan. DPRD Bulungan senin 28 Agustus melakukan koordinasi dengan DPRD Tarakan. Kedatangan wakil rakyat tersebut dihadiri oleh semua jajaran DPRD Bulungan sebanyak 25 orang.

     Ketua DPRD Kabupaten Bulungan Syarwani mengatakan kedatangan tersebut merupakan agenda sidang kedua dalam kunjungan kerja DPRD Bulungan  ke Tarakan. Kali ini ada beberapa issu yang menjadi agenda diantaranya insiden kecelakaan laut speedboat Rejeki Baru Kharisma dan bidang pendidikan.

    “Kami harap ada langkah-langkah perbaikan bersama. Sesuai  kapasitas dan kewenangan yang ada di Tarakan  dan Bulungan,” ungkap Syarwani. DPRD Bulungan juga mengoreksi upaya layanan di bidang mutu pendidikan. Sebagaimana tanggapan dari kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan akan mengambil referensi yang sudah dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tarakan.

             

  Diakui Syarwani pendidikan di Bulungan belum semuanya dapat diakses oleh internet. Adanya pembentukan Komite sekolah di Tarakan kembali akan menjadi contoh dalam peningkatan pendidikan di Bulungan.”Berbeda dengan di Tarakan referensi penggunaan information technology (IT) Nampak maksimal. Respon dari masyarakat juga sangat kami perlukan.

   Jangan sampai kedepan ada hal yang terkesan ada putusan kebijakan yang dilakukan oleh sekolah. Ambil contoh kasus pungutan liar (pungli) yang sempat dilaporkan pada Ombudsman Republik Indonesia (ORI) salah satu SMP yang ada di Bulungan,”jelasnya.

       Bukan itu saja keamanan dan keselamatan pada transportasi laut harus diutamakan dalam hal pelayanan di perhubungan laut. Dalam arti kesediaan life jacket belum tentu bisa menyelamatkan penumpang dari kematian. Contohnya jika dalam keadaan posisi speedboat sudah terbalik otomatis penumpang tidak bisa keluar.

      “Itu juga logika dalam langkah penyelamatannya seperti apa. Selain itu standarisasi kelayakan armada harus jelas. Saya piker juga harus tegas ditegaskan, jika tidak sesuai spesifikasi yang sudah ditetapkan. Kedepan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Kaltara bisa segera berkoordinasi dengan Dishub yang ada di Kaltara untuk mencari SOP bersama. Sehingga penerapannya berlaku sama di KAltara,” tegas Syarwani.

    Sementara itu ketua DPRD Kota Tarakan Salaman Aradeng menjelaskan selain bidang pendidikan dan keselamatan berlayar pihaknya juga membahas mengenai potensi pendapatan asli daerah (PAD) pada nelayan di Tarakan maupun Bulungan.

       Salah satu sarannya menitip retribusi nelayan Bulungan kepada Pemprov Kaltara. Letak geografis wilayah antara Bulungan dan Tarakan yang berdekatan rata-rata nelayannya adalah warga Tarakan.

    “Terkait keselamatan speedboat dan berdasarkan dari KSOP bahwa speedboat yang beroperasi antara Tarakan dan Bulungan sudah tidak memenuhi standart kelayakan berlayar. Jika ada peremajaan maka harus mengikuti SOP dan KSOP. Pelampung juga kami sarankan seperti yang ada di pesawat,”pangkasnya.

 

 

 


Anggota DPRD

Pengumuman

  • 1
  • 2
  • 3
Prev Next

Selamat Hari Bhayangkara ke-71 Tahun 201…

31-08-2015 Hits:764 pengumuman  - avatar

Pimpinan Dan Anggota DPRD Kabupaten Bulungan Beserta Jajaran Sekretariat Mengucapkan Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-71 Tahun 2017

Read more

Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir …

31-08-2015 Hits:549 pengumuman  - avatar

Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bulungan Beserta Jajaran Staf Sekretariat Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha  1438 H Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Read more

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H.

17-08-2015 Hits:1084 pengumuman  - avatar

Pimpinan dan anggota beserta jajaran staf sekretariat DPRD Kabupaten Bulungan mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Read more

Situs Terkait